Punya Toko Pakaian? Penjualan kurang bagus? Mungkin salah satunya sebab pelayanannya kurang memuaskan. Ini ia tips biar pelayanan Toko Anda lebih baik.
- Sedapat mungkin PAKAI PAKAIAN yg dijual. Sehingga pengunjung sanggup melihat bagaimana pakaian itu dikenakan. Juga dapat dipercaya SPG lebih dipercaya.
- JANGAN TERLALU AGRESIF. Biarkan mereka melihat- lihat, Pengunjung tidak suka dibuntuti.
- JANGAN MENGHALANGI PENGUNJUNG. Jangan bangkit di pintu sehingga menghalangi mereka.
- BERI PELAYANAN STANDARD. Jika melihat seseorang masuk toko,
- Sambut dengan kalimat Selamat siang/ malam,
- Lalu biarkan mereka melihat2,
- Jika terlihat bingung, tawarkan bantuan,
- Jika terlihat repot menjinjing belanjaan, tawarkan daerah di kasir unt menitipkan belanjaan,
- Tanya namanya dengan sopan kemudian masukkan ke computer (jika ada),
- Tawarkan produk substitusi, contohnya beli rok, tawarkan blus yg sesuai atau sepatu yg matching, hingga sasaran penjualan tercapai.
- Berpakaianlah/ bersikaplah sebagaimana CITRA yang ingin ditampilkan Toko/ Brand. Jika menjual pakaian olahraga, maka janganlah pakai kebaya.
- Kuasai PENGETAHUAN PRODUK biar tidak terbata2 menjelaskan.
- Selalu bertanya dengan PERTANYAAN TERBUKA. ‘Baju yg model bagaimana bu?’, ‘Bajunya untuk program apa bu?’ dst.
- Selalu TERSENYUM. Meskipun dibuat2. Pada karenanya Anda akan tersenyum sendiri.
- Jangan TERLAMBAT atau ABSEN. Tunjukkan bahwa Anda serius dan professional melaksanakan pekerjaan ini.
- Selalu MEMOTIVASI DIRI untuk mempunyai kehidupan yg lebih baik, atau posisi yg lebih baik. Masa depan ada di tangan Anda sendiri.
Sumber : Kang Irsan Yanuar ( Praktisi Klinik Bisnis cimahi )